Thursday, July 15, 2010

Dicari: Orang Gendut

Begitu mendarat di Tan Son Nhat Airport malam hari, saya dan teman langsung memesan taksi menuju penginapan di pusat kota Saigon. Sepanjang perjalanan menuju hotel, saya celingukan kiri-kanan melihat pemandangan kota Saigon. Kesan pertama, jalanan di kota Saigon dipenuhi motor dan sepeda yang bersliweran, mobil malah jarang terlihat di jalanan. Kesan kedua, sedari tadi yang saya lihat lihat adalah orang-orang Vietnam yang langsing-langsing, baik pria maupun wanitanya.

Saya pun berkomentar kepada teman saya, “Wah, orang Vietnam langsing-langsing semua.” Teman saya langsung menjawab, “Ini sih bukan langsing, tapi kurus.” Semakin penasaran, sepanjang jalan kami terus memelototi orang-orang Vietnam yang hilir mudik. Wah, benar! Tidak ada satupun orang gendut yang kami lihat.


Tidak berapa lama kemudian saya besorak, “Akhirnya! Ada satu orang gendut! Hahaha.” Yah, sebenarnya tidak gendut-gendut amat sih, tapi lumayanlah setelah sepanjang jalan hanya melihat orang-orang cungkring. Hehe.

Tidak cuma kurus langsing, ternyata rata-rata orang Vietnam memiliki postur tubuh yang serupa. Jarang sekali orang Vietnam bertubuh tinggi. Untuk tinggi badan, sedikit sekali orang Vietnam yang memiliki tinggi badan lebih dari 170cm.

Masih juga penasaran, sewaktu pergi minum dengan seorang teman Vietnam saya bilang, “Kok di Saigon saya susah sekali menemukan orang gendut.” Teman Vietnam saya ternyata punya resepnya, dia bilang, itu karena makanan Vietnam cenderung sehat dan hanya mengandung sedikit lemak.

Seorang teman lain yang blasteran Perancis-Vietnam juga mengatakan hal yang sama, itu gara-gara pola makan yang sehat ditambah orang Vietnam suka berolahraga. Tidak cuma kalangan muda, orang-orang tua Vietnam juga tergolong rajin menjaga kebugaran tubuhnya, begitu kata teman Perancis-Vietnam saya.

Oh, itu toh rahasianya. Memang sih, sepanjang jalan di kota Saigon jarang terlihat restoran junk food. Yang banyak terpajang adalah makanan Vietnam yang mantap banget rasanya di lidah plus harganya yang juga enak banget buat kantong, alias murah meriah.

Paginya, saat saya jalan-jalan di pusat kota Saigon, ternyata apa yang dikatakan teman-teman saya itu memang benar. Di taman-taman kota terlihat banyak orang Vietnam, tua muda sedang asik berolah raga. Mulai dari aerobik, senam pernapasan, badminton, sampai sepak takraw. Malah saya menemukan seorang kakek sedang berlatih menggunakan bongkahan batu dari semen seberat lebih dari 10kg di depan rumahnya. Saya langsung nyeletuk, “Wah, gaya banget nih si engkong, biarpun rumahnya di pusat kota dan ramai dengan orang hilir mudik, si engkong dengan cueknya melatih otot bisep dan trisep. Pake beban berat pula.”

Jadi benar-benar tidak ada orang gendut di Vietnam? Hmm, tidak juga sih. Saat berpindah ke kota Hanoi, orang Vietnam disana tidak sekurus orang Vietnam di Saigon dan kota-kota lain. Mungkin karena orang-orang Hanoi punya gaya hidup yang relatif lebih modern dibanding warga Vietnam di kota lain.
Di Hanoi banyak toko-toko yang menjual baju import dari Korea dan China, juga lebih banyak restoran ala barat yang menyajikan makanan yang berlemak jenuh.

Jadi kesimpulan dan saran saya, kalau mau langsing, daripada bayar mahal ke pusat penglasingan tubuh, mending uangnya untuk jalan-jalan dan makan di Vietnam, asal jangan di Hanoi. Kalau kata peribahasa, sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Sekali keluar uang, bisa berlibur di Vietnam sekaligus punya gaya hidup dan pola makan yang sehat.

1 comment:

  1. Belitung mania adalah agen perjalanan wisata dipulau bleitung yang telah terdaftar di dinas pariwisata Kab. Belitung. perusahaan yang berfokus kepada wisatawan domestik maupun manca negara yang ingin berlibur kepulau belitung dengan paket tour belitung murah. destinasi wisata yang pupuler antara lain pantai tanjung kelayang, pantai bukit berahu, pantai tanjung tinggi, pantai tanjung pendam, bukit peramun, buki baginde, pantai batu bedil, pantai penyabong, dan masih banyak objek wiata lainnya yang cocok untuk . dengan kami perjalanan wiata menjadi murah namun dengan pelayananya yang maximal. paket honeymoon Belitung juga biasa kami dapati saat mulai akhir tahun. dimana banyak pasangan yang melangsungkan pernikahan dan menjadikan pulau belituing sebagai tempat bulan madu.

    ReplyDelete